Sabtu, Juli 31, 2021

Perempuan dan Kebangkitan Ekonomi di Tengah Pandemi

Cantik Indonesia, Jakarta - Sebuah riset pada akhir 2020 mendapatkan fakta yang mengejutkan bahwa selama pandemi lebih banyak perusahaan-perusahaan besar di dunia memilih untuk...
More

    Latest Posts

    PENGUSAHA KATERING HARUS SEGERA FOKUS KE MEDIA SOSIAL DEMI PERTAHANKAN EKSISTENSI

    BANGGASIDOARJO.COM |  Hal tersebut tenyata juga berdampak pada bisnis katering industri di Sidoarjo. Pemilik Pelangi Catering dan Wedding Organizer Gunawan Hendro menyampaikan, tahun ini menjadi tahun terberat. Namun, menurunnya daya beli masyarakat sebenarnya sudah dirasakan sejak tahun 2017.

    “Di tahun 2017, sudah turun 30 persen. Di tahun 2018, turun 40 persen. Tahun ini turun 50 persen,” kata Gunawan dijumpai di kantornya di Magersari.

    Dalam setahun, ada sekitar empat bulan yang menjadi pangsa pasar bagus bagi bisnis katering. Sehingga dalam sebulan tersebut, Gunawan bisa menerima pesanan 30 sampai 50 acara. Di bulan normal, bisa melayani 10 sampai 15. “Padahal dulu masih berada diatas 20 event per bulannya,” imbunya.

    Ini belum diperparah dengan biaya lain yang harus dikeluarkan. Seperti biaya transportasi dan biaya charge gedung. “Ada gedung yang menarik retribusi terpisah untuk katering. Biasanya 15 persen dari laba yang kami dapat. Sekitar Rp 2,5 juta,” ujar pria yang memulai bisnis katering sejak 2004 itu.

    Gunawan mengatakan, saat ini untuk mempertahankan eksistensi di tengah lemahnya perekonomian, industri katering tak boleh kaku.

    Sementara itu, Sutrisno, pemilik Nirwana Catering and Wedding Service untuk menyiasati lesunya ekonomi, dan menekan biaya operasional dirinya mengurangi jumlah personel di lapangan. “Misal biasanya tiga waiters, saya ambil dua aja,” ungkapnya.

    Kemudian, untuk bentuk promosi dirinya sudah tak memakai jasa marketing. Lebih fokus ke media sosial instagram dan brosur yang selalu ia bawa ke setiap acara.

    Sumber: detik[dot]com

    Latest Posts

    Don't Miss

    Stay in touch

    To be updated with all the latest news, offers and special announcements.